Jaga Perabotan Rumah Tetap Bersih Higienis Agar Tetap Sehat

Jasa Poles Marmer Jakarta – Tidak ada yang lebih berharga dari kesehatan dan kebahagiaan keluarga. Melihat si kecil tumbuh sehat meski hari-hari diisi dengan aktivitas belajar dari rumah, tentunya merupakan kenikmatan tersendiri. Selain terus memberikan asupan gizi dari makanan bergizi, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rumah. Berbagai furnitur harus dijaga kebersihannya, agar virus dan bakteri penyebab gangguan kesehatan tidak mengganggu keluarga. Peralatan rumah tangga apa yang harus dijaga kebersihannya?

Jaga Perabotan Rumah Tetap Bersih Higienis Agar Tetap Sehat

Furnitur Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah satu spot di rumah yang paling banyak memiliki bakteri. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan furnitur di dalamnya. Misalnya, Anda harus rutin membersihkan lemari atau menyikat lantai kamar mandi. Selain agar lebih nyaman untuk seluruh anggota keluarga, juga akan terjaga kebersihannya.

Karpet

Tahukah Anda bahwa karpet mengandung lebih dari 200 ribu bakteri setiap satu inci persegi. Pembersihan rutin menggunakan penyedot debu atau penyedot debu harus dilakukan setiap tiga hari. Atau jika perlu, gunakan juga pembersih uap atau pembersih uap. Cuci juga karpet secara rutin agar si kecil tetap nyaman saat beraktivitas di sana.

Wastafel

Wastafel sering digunakan untuk membersihkan piring atau makanan yang artinya merupakan tempat berkumpulnya bakteri. Bisakah Anda bayangkan berapa banyak bakteri yang bersarang di sana? Jadi jangan malas untuk membersihkan wastafel rumah. Jangan lupa juga, jika perlu memasang reminder tiga kali dalam seminggu, misalnya untuk membersihkan wastafel secara menyeluruh.

Spons Pencuci Piring

Tidak hanya bak cuci piring, spons pencuci piring juga harus higienis lho. Jika kebersihan tidak terjaga, alih-alih membersihkan piring, justru malah menyebarkan kuman dari spons yang kotor. Oleh karena itu, pastikan selalu membersihkan, mengeringkan, dan mengganti spons secara rutin, misalnya setiap dua minggu sekali agar terhindar dari bakteri dan kuman.

Kiat Yang Bisa Dilakukan

  1. Bersihkan lalu disinfeksi

Dalam hal pencegahan penyakit, pembersihan dan desinfeksi dipandang sebagai hal yang terpisah, tetapi sama pentingnya untuk dilakukan. Proses pembersihan menghilangkan kuman dan desinfektan membunuh kuman. Anda jangan lupa untuk menggunakan disinfektan yang efektif.

  1. Baca instruksi penggunaan

Jangan lupa untuk membaca petunjuk di bagian belakang disinfektan. Biasanya Anda perlu membasahi permukaan dan perlu basah selama beberapa menit agar ini bekerja. Jauhkan hewan peliharaan dan anak-anak dari permukaan yang baru disterilkan hingga kering.

  1. Bersihkan secara teratur

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mengutip penelitian yang menunjukkan virus corona dapat bertahan di permukaan selama beberapa jam atau hingga beberapa hari. Jadi, pada dasarnya sekali membersihkan saja tidak cukup. Anda harus mengatur waktu pembersihan secara teratur dan membiasakan untuk melanjutkannya dengan memberikan disinfektan, minimal sekali dalam sehari jika ada anggota keluarga yang sakit. Di dapur juga harus dibersihkan setiap selesai memasak karena banyak peralatan masak yang mengandung kuman patogen.

Satu hal lagi yang tak kalah penting, jangan memaksakan furnitur rumah yang tidak bisa digunakan. Selain menjadi sarang bakteri dan kuman, anggota keluarga juga merasa kurang nyaman menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari. Lebih baik ganti dengan yang baru untuk mencegah terkumpulnya bakteri. Seperti contohnya spons pencuci piring yang sudah usang. Dalam kondisi lembab tentu spons akan menjadi sarang bakteri. Namun ada beberpa cara untuk mengurangi pencemaran bakteri tersebut. ketika selesai menggunakan sebaiknya bilsa spons dengan air hangat sampai benar benar bersih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *