Kebersihan Untuk Menjaga Koper Tetap Awet dan Baik

Jasa Poles Marmer Jakarta – Jika Anda termasuk orang yang sangat bergantung pada koper saat berpergian, maka inilah saatnya Anda mencari tahu cara merawat koper kesayangan Anda! Bukan tanpa alasan, hal ini menjadi suatu keharusan, apalagi melihat betapa mahalnya harga koper yang ada di pasaran saat ini. Coba bayangkan berapa banyak uang yang bisa dihemat jika Anda memperhatikan perawatan koper Anda. Bahkan dengan perawatan koper yang tepat pun Anda bisa membuat koper Anda awet selama bertahun-tahun, lho! Mengapa Anda tidak tertarik? Jika Anda ingin koper Anda tahan lama, yuk ikuti cara merawat koper yang tepat di bawah ini.

Kebersihan Untuk Menjaga Koper Tetap Awet dan Baik

Segera Kosongkan Koper

Banyak orang, setelah bepergian, seringkali meninggalkan kopernya dan tidak langsung mengosongkannya. Entah di dalamnya ada pakaian kotor, sisa makanan, atau mungkin sisa sampah lainnya dari perjalanan. Jika Anda ingin koper tahan lama, sebaiknya jangan lakukan ini karena akan menimbulkan bau tak sedap dan banyak kuman pada koper Anda.

Bersihkan Setelah Digunakan

Selain harus segera mengosongkan koper setelah digunakan, jangan lupa untuk segera dibersihkan! Bersihkan koper dari berbagai stiker atau label bandara sebelum semuanya mengering dan semakin sulit dibersihkan. Jangan lupa juga untuk membersihkan area di dalam koper anda agar tidak ada bau apek dan kuman yang tertinggal. Tapi, jangan sembarangan membersihkan bagian dalam koper, cukup dilap dengan kain lembab atau sikat lembut agar kondisi fisik Anda tetap terjaga.

Gunakan Dry Gel

Untuk membersihkan bagian dalam koper anda dapat memakai penyedot debu. Setelah itu gunakan Dry Gel sesuai dengan kebutuhan saja. Pertama-tama vakum terlebih dahulu semua debu dan kotoran yang ada di dalam koper menggunakan penyedot debu hingga bersih. Kemudian, masukkan sedikit gel kering ke dalamnya untuk meminimalkan bau tak sedap.

Perhatikan Cara Penyimpanan

Agar kopernya awet dan awet, Anda juga harus memperhatikan cara penyimpanan koper dan tempat penyimpanannya. Ingat, beda ukuran dan bahan koper, beda cara penyimpanannya. Umumnya, semua koper tidak boleh disimpan di tumpukan dan tidak disimpan di tempat yang lembab agar lebih tahan lama. Sedangkan untuk koper berukuran besar yang terbuat dari bahan polycarbonate, akan lebih baik jika koper diletakkan dalam posisi berdiri. Anda juga bisa melindungi koper dengan pembungkus koper agar tetap bersih dan tidak mudah kotor.

Menghilangkan Karat di Koper

Selain bagian dalam dan permukaan luar, Anda juga harus memperhatikan roda atau trolly barang bawaan Anda. Bagian ini biasanya terbuat dari besi dan seperti biasanya besi, akan mudah rusak jika terkena karat. Cara merawatnya pun mudah, cukup lumasi roda dengan oli secara rutin agar tetap berfungsi dengan baik.

Taburkan Baking Soda

Beberapa bahan dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau dalam koper. Nah salah satu barang tersebut adalah dengan ditaburi baking soda. Setelah digunakan, taburkan soda kue ke seluruh bagian dalam koper dan diamkan selama satu jam. Setelah itu bersihkan sisa soda kue dengan penyedot debu dan akhiri dengan menyekanya dengan campuran air lemon.

Bersihkan Dengan Kuas Pemutih dan Air Hangat

Koper yang tidak dibersihkan secara teratur kemungkinan besar akan timbul jamur di beberapa bagian. Jangan panik saat itu terjadi! Segera siapkan pemutih, air hangat, dan sikat berbulu halus untuk membersihkannya. Setelah itu, usap perlahan bagian dalam koper dan pastikan jamurnya sudah hilang. Jangan lupa jemur setelah dibersihkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *