Mencegah Penularan Virus Corona Ketika Tinggal di Kos

Jasa Poles Marmer Jakarta – Setelah 6 bulan mengalami pandemi Corona kami menyadari bahwa kehidupan kos akan berubah total. Mungkin di masa lalu, kondisi boarding adalah sesuatu yang tidak perlu terlalu Anda khawatirkan. Kini kamu harus ekstra hati-hati agar tidak terjangkit Covid-19 di kost! Kost bisa jadi sarang kuman dan bakteri, apalagi saat ini. Tahukah diri Anda bahwa banyak orang berkumpul di sana? Jika Anda harus WFH di kost atau belajar online di kost, maka Anda harus bisa menjaga kesehatan Anda di kost agar tetap bebas dari Covid-19.

Mencegah Penularan Virus Corona Ketika Tinggal di Kos

Terapkan protokol kesehatan setiap saat bahkan di lingkungan asrama. Kamu pasti nggak mau ketahuan di kost-kostan yang ditempati puluhan orang lain? Mengantisipasi penularan Covid-19 di sebuah kost memang bukan hal yang mudah karena banyak orang yang tinggal dalam satu hunian tanpa mengetahui siapa yang mereka temui. Di sisi lain, penjaga kost juga tidak serta merta membersihkan setiap sudut kost secara menyeluruh menggunakan desinfektan, terutama area tangga. Jadi, kita tetap bertanggung jawab untuk menjaga diri kita sendiri.

Buka Secara Teratur Jendela Kos

Sekarang kita tahu bahwa Coronavirus mengudara selama waktu tertentu. Ruangan sempit yang sempit dengan sirkulasi udara yang buruk dan AC yang buruk dapat menjadi sarang virus. Cara termudah adalah memastikan aliran udara bersih. Pastikan jendela di rumah kost sering dibuka. Jika kamar Anda menghadap ke luar jendela, sering-seringlah membukanya agar udara dalam ruangan dapat bersirkulasi dengan baik. Jika jendela boarding menghadap ke lorong, pastikan jendela di gedung selalu terbuka agar virus tidak mudah berpindah ke kamar.

Membawa Peralatan Dapur dan Makan Sendiri

Sebagian besar kost memiliki dapur bersama, bahkan ada yang menyediakan peralatan bersama. Meskipun dulu Anda menggunakan semuanya karena Anda yakin semuanya bersih, kali ini lebih baik gunakan saja barang pribadi Anda. Beli peralatan memasak dan peralatan makan Anda sendiri. Pergilah ke dapur hanya saat Anda sedang memasak. Dengan cara ini Anda akan menggunakan barang-barang yang Anda yakin 100% telah dibersihkan dengan benar. Jika tidak ingin membelinya sendiri, cuci semua alat masak sebelum digunakan. Soal alat makan, lebih baik beli sendiri.

Selalu Sediakan Hand Sanitizer

Anda harus membawa hand sanitizer kemana saja, baik ke ruang makan, ruang TV, atau membuka pintu gerbang untuk mendapatkan makanan. Anda tidak memiliki wastafel di depan pintu kamar tidur. Nah ini fungsinya agar saat kembali ke kamar tangan selalu bersih. Gunakan Hand Sanitizer pada saat penting! Seperti contoh saat Anda masuk kamar dari ruang komunal, atau saat ingin makan. Jika ingin memegang wajah, sebaiknya gunakan juga hand sanitizer terlebih dahulu. Oleh karena itu, sebaiknya pegang wajah saat berada di dalam kamar dan setelah mencuci tangan.

Membersihkan Semua Barang Dengan Disinfektan

Kamar kamu harusnya menjadi area bebas virus dan bakteri di saat seperti ini, lho. Beli disinfektan atau buat sendiri sebagai investasi kesehatan. Bersihkan gagang pintu, jendela, dan kunci kamar secara teratur. Selalu lakukan disinfeksi setelah Anda menyentuh gagang pintu saat memasuki ruangan. Disinfeksi juga laptop, kacamata, dan ponsel saat memasuki ruangan. Kamu sering memegang barang-barang tersebut sehingga mungkin kamu lupa mencuci tangan atau kehabisan dari luar tapi langsung menyambarnya. Sudah tahu rutin membersihkan barang pribadi Anda. Mungkin 2 kali sehari atau setiap kali setelah mengeluarkannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *