Cara Terbaik Dalam Mencuci Handuk Tipe Microfiber

GreenClean – Handuk mikrofiber adalah alat pembersih rumah tangga yang disukai berkat cara benang mungilnya yang menempel pada debu dan kotoran. Tetapi serat yang sama yang membuatnya sangat efektif juga dapat membuatnya sedikit membahayakan lingkungan.

 

Cara Terbaik Dalam Mencuci Handuk Tipe Microfiber

 

Apa kekurangan dari handuk microfiber?
Serat mikro dalam handuk ini terbuat dari campuran poliester berbasis minyak bumi dan poliamida sintetis yang disatukan oleh muatan elektrostatis.

“Pikirkan kain mikrofiber Anda sebagai jaringan serat yang tidak terjalin bersama sebagian besar waktu,” Dimitri Deheyn, Ph.D., seorang peneliti biologi kelautan di Scripps Institution of Oceanography yang telah mempelajari mikroplastik secara ekstensif, mengatakan kepada mbg. “Mereka hanya bersatu karena terikat.”

Hal ini membuat handuk ini sangat sensitif terhadap keausan — dan ketika mikrofiber sintetisnya mulai terlepas, mikroplastik tersebut terlepas ke lingkungan sekitarnya.

Mikroplastik adalah polutan tak terlihat yang sekarang dapat ditemukan hampir di mana-mana, mulai dari palung samudra hingga tinggi di langit hingga di dalam tubuh kita sendiri. Meskipun masih belum jelas bagaimana mikroplastik itu sendiri memengaruhi manusia dan satwa liar, Deheyn mencatat bahwa mereka dapat membawa polutan berbahaya seperti logam berat dan minyak ke laut.

“Plastik menjadi wadah untuk polutan terkonsentrasi, yang jika tidak akan terencerkan di dalam air,” jelasnya. Bukti lain menunjukkan bahwa mikroplastik di lingkungan perairan dapat menyebabkan ikan tertentu kehilangan nafsu makannya dan sebagian lainnya mengalami gangguan hormon.

Meskipun handuk mikrofiber tidak dapat menghilangkan polutan ini sepenuhnya, ada beberapa cara untuk membuatnya lebih utuh lebih lama. Berikut beberapa praktik terbaik.

Bagaimana cara terbaik untuk mencuci handuk microfiber?
Nama permainannya adalah bersikap lembut dengan handuk Anda, jadi Anda sebaiknya mencucinya dengan tangan kapan pun memungkinkan daripada memasukkannya ke siklus putaran mesin cuci. “Semakin sedikit abrasi dan agitasi, semakin baik,” kata Deheyn.

Laboratoriumnya saat ini sedang menyelidiki apakah suhu air dan jenis deterjen mempengaruhi laju kerusakan mikrofiber. Sampai kita tahu pasti, mencuci handuk dengan air dingin menggunakan deterjen lembut adalah langkah yang lebih ramah lingkungan.

Untuk lebih menjaga umur panjang dan mencegah agitasi, Angela Bell dan Georgia Dixon, yang bekerja untuk pasar pembersih alami Grove Collaborative sebagai Pemandu Grove, merekomendasikan untuk membiarkan handuk Anda terendam dalam air dan campuran deterjen selama 30 menit atau lebih sebelum dibilas dengan air biasa dan tangan untuk memerasnya. Udara kering dan mereka akan menjadi seperti baru.

Bisakah Anda mencucinya di mesin?
Anda dapat menggunakan mesin cuci untuk mencuci handuk jika dalam keadaan darurat. Tetapi karena mikrofiber cukup kecil untuk bocor melalui sebagian besar filter mesin, penulis dan pendidik hidup berkelanjutan Christine Liu merekomendasikan berinvestasi dalam perangkat untuk menangkap beberapa di antaranya. Saat ini, ada tas dan bola yang ada untuk tujuan ini, tetapi Deheyn mengatakan bahwa filter tambahan adalah yang paling efektif dan dapat mencegah hingga 95% mikroplastik di cucian Anda langsung memasuki saluran air.

The Grove Guides menambahkan bahwa Anda harus menghindari penggunaan pelembut kain dan lembaran pengering saat mencuci handuk mikrofiber di mesin. “Bahan pelembut ini — yang sering mengandung bahan bakar fosil atau produk sampingan hewani — dapat bertahan di serat, meningkatkan kemungkinan goresan dan membuat kain kurang menyerap,” kata mereka.

Bagaimana Anda bisa membuatnya dalam kondisi yang baik lebih lama?
Anda dapat mengetahui handuk Anda mulai aus ketika seratnya mulai menggumpal, rata, atau menjadi kasar saat disentuh. Untuk menjaganya tetap utuh di antara pencucian, Bell dan Dixon merekomendasikan untuk menyimpannya untuk pekerjaan pembersihan yang lebih tertahan dan meninggalkan kekacauan besar pada spons, pel, dan kain lain yang terbuat dari bahan yang lebih tahan lama.

“Bilas dengan air panas dan gantung kering di antara waktu mencuci untuk memperpanjang umur kain mikrofiber Anda,” tambah mereka. “Ini adalah trik yang bagus jika kain telah digunakan untuk sedikit debu tetapi belum membutuhkan pencucian penuh.”

Dan akhirnya, bersikaplah lembut terhadap mereka! Jangan menarik atau menghancurkannya jika tidak perlu, karena akan mengganggu seratnya.

Yang perlu diingat
Kain serat mikro sangat efektif menjebak kotoran dan kotoran di rumah. Namun, Anda harus berhati-hati saat membersihkannya karena bahan tersebut sintetis dan dapat mengirimkan mikroplastik ke lingkungan. Para ahli telah berbicara, dan mereka mengatakan Anda harus mencuci handuk jika memungkinkan, menggantungnya hingga kering, dan bersikap lembut di antara pencucian untuk meminimalkan mikrofiber yang lembab.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *