Tips & Trik Seputar Pembersihan Lampu Rumah

GreenClean – Cahaya bola lampu dari lampu hias mampu menerangi seluruh ruangan yang ada dirumah. Tetapi tidak hanya menerangi, namun juga merupakan magnet untuk debu, serangga, sarang laba-laba, dan kotoran. Perlengkapan lampu yang kotor juga dapat mengurangi jumlah cahaya yang diterima ruangan saat menggunakan jumlah energi yang sama dan menurunkan masa pakai bola lampu. Maka dari itu bagian ini harus sangat dperhatikan kebersihannya. Salah satu bagian tersulit dari membersihkan perlengkapan lampu adalah seringnya ia membutuhkan tangga. Ditambah fakta bahwa Anda biasanya membuka tutup lampu saat berada di tangga, dan kecelakaan adalah suatu kemungkinan. Mungkin saja untuk membersihkan beberapa perlengkapan lampu saat berada di tempatnya, tetapi itu tidak akan menggantikan menurunkan perlengkapan lampu setidaknya dua kali setahun untuk membersihkannya secara menyeluruh.

Bahaya lainnya adalah bola lampu menjadi panas saat dinyalakan. Untuk mengurangi risiko terbakar, matikan lampu setidaknya selama satu jam sebelum mulai membersihkan perlengkapan. Resiko lainnya adalah karena listrik. Cobalah untuk melepaskan perlengkapan lampu dari bagian listriknya untuk membersihkan dan mencucinya. Jika Anda membersihkan di tempat, sebaiknya gunakan alat pembersih debu yang kering. Jika Anda perlu mengelapnya dengan kain basah, pastikan kain tersebut lembab dan tidak menetes. Air yang menetes atau cairan pembersih yang disemprotkan dapat masuk ke bagian listrik lampu Anda dan merusaknya atau menyebabkan risiko sengatan listrik.

Perlengkapan lampu harus dibersihkan setiap minggu. Ini dapat dilakukan dengan perlengkapan lampu yang masih terpasang. Gunakan alat pembersih debu bergagang panjang untuk menjangkau dan membersihkan perlengkapan langit-langit, potongan lampu gantung, dan bahkan pencahayaan tersembunyi. Jika ini dilakukan setiap minggu, bagian pembersihan dalam dari perlengkapan lampu pembersih hanya perlu dilakukan dua kali setahun. Berikut tips pembersihnnya yaitu :

 

 

Tips & Trik Seputar Pembersihan Lampu Rumah

 

 

1.Lampu Plafon Kaca
Lepaskan perlengkapan lampu dari langit-langit, lampu, atau alas. Langkah pertama adalah membuang debu, serangga, dan kotoran lain dari lampu ke tempat sampah. Selanjutnya, bersihkan bagian dalam dan luar dengan kain mikrofiber atau kemoceng lainnya. Terkadang hanya ini yang dibutuhkan. Tapi setidaknya dua kali setahun, perlengkapannya perlu dicuci. Wastafel dengan air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring yang lembut biasanya diperlukan untuk membersihkan perlengkapan lampu kaca. Biarkan terendam selama beberapa menit sebelum diseka dan dibilas. Gunakan handuk kering untuk mengelapnya hingga benar-benar kering, terutama bagian dalamnya. Sekarang mereka siap untuk diganti. Jangan pernah meletakkan perlengkapan lampu kaca di mesin pencuci piring. Anda berisiko melanggarnya. Pembersih kaca juga dapat digunakan untuk melihat perlengkapan lampu kaca yang bersih.

2. Lampu gantung
Bergantung pada seberapa rumit kandil Anda, Anda mungkin bisa membersihkan debu di tempat untuk perawatan rutin, tetapi kemungkinan pembersihan dua kali setahun akan diperlukan di tempat kandil perlu diturunkan. Anda dapat memotret bagaimana lampu gantung disatukan untuk membuat proses pemasangan kembali menjadi lebih sederhana. Anda bisa mencampur bahan pembersih Anda sendiri dalam botol semprot. Cobalah 1/4 cangkir cuka dan 3–4 cangkir air. Atau Anda bisa menambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam botol semprot berisi air. Semprotkan kristal dan potongan lampu gantung satu per satu. Segera keringkan dengan kain mikrofiber yang juga akan membantu memolesnya. Pasang kembali kandil dan lihat bagaimana kilaunya.

3. Lampu Tersembunyi
Lampu tersembunyi dapat dibersihkan paling mudah dengan debu biasa di dalam bukaan setelah lampu dimatikan setidaknya selama satu jam. Untuk pembersihan yang lebih dalam, lepaskan bohlam dengan hati-hati, dan gunakan kain lembab, seka bagian dalam area tersembunyi. Untuk ekstra hati-hati, matikan listrik bagian rumah itu saat Anda bekerja. Seka bohlam dan pasang kembali. Nyalakan listrik dan Anda memiliki lampu yang lebih bersih.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *