Tips Membersihkan Dan Perawatan Gitar

Jasa Poles Marmer Jakarta – Jenis perawatan gitar yang paling sederhana adalah pembersihan. Anda harus membersihkan gitar secara teratur atau, paling tidak, setiap kali kotor. Menjaga kebersihan gitar Anda melibatkan menghilangkan kotoran dan kotoran dari semua bagiannya serta menjaga hasil akhir tetap halus dan berkilau.

 

Tips Membersihkan Dan Perawatan Gitar

 

 

Membersihkan kotoran
Debu dan kotoran adalah bagian dari lingkungan Anda. Gitar pasti menarik perhatian mereka. Debu biasa dapat dihilangkan dengan kain kering atau kemoceng, tetapi ketika debu bercampur dengan minyak alami kulit Anda, debu tersebut menjadi kotoran. Kotoran dapat menempel di semua permukaan, tetapi akan terlihat terutama pada string Anda.

Senar

Minyak alami dari ujung jari Anda melapisi senar setiap kali Anda bermain. Seiring waktu, minyak ini akan menimbulkan korosi pada bahan tali dan membuat penumpukan kotor. Kotoran pada senar membuat senar lebih cepat aus dari biasanya. Kotoran tersebut menghalangi suara senar dan benar-benar dapat meresap ke dalam pori-pori papan jari.

Cara terbaik untuk memerangi ancaman penumpukan kotoran adalah dengan menghapus senar setelah setiap sesi permainan. Chamois (dilafalkan “shammy”) adalah bahan yang bagus digunakan untuk menyeka senar karena berfungsi ganda sebagai kain pemoles; popok kapas (bersih), bagaimanapun, bekerja dengan baik juga.

Usap senar secara umum ke bawah lalu cubit setiap senar di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda, dengan kain di antaranya, dan gerakkan tangan Anda ke atas dan ke bawah sepanjang senar. Ini akan mengeringkan senar di sekeliling lingkar dan menghilangkan grunge apa pun.

Kayu

Gitar sebagian besar terbuat dari kayu, dan kayu menyukai rubdown yang bagus. (Hei, siapa yang tidak?) Setelah Anda menghilangkan sebagian besar debu, gosok gitar perlahan sampai bebas debu. Untuk membersihkan debu di antara tali di tempat yang sulit dijangkau, gunakan sikat kecil bulu unta. Simpan kuas di tas Anda.

Perangkat keras: Meskipun penumpukan kotor tidak terlalu merusak perangkat keras (tuner, bridge, dan sebagainya), perangkat tersebut terlihat buruk – dan Anda tidak ingin muncul di MTV dengan perangkat keras yang lebih membosankan daripada drummer Anda.

Menggosok dengan kain debu adalah semua yang benar-benar perlu Anda lakukan untuk perangkat keras gitar Anda, tetapi Anda juga dapat menggunakan perhiasan lembut atau semir krom jika Anda mau – selama tidak abrasif. Poles tidak hanya menghilangkan residu yang sangat berminyak (yang tidak dapat dilakukan dengan lap sederhana), tetapi juga membuat perangkat keras menjadi berkilau.

Banyak komponen perangkat keras murah yang dicelupkan, artinya komponen tersebut memiliki lapisan tipis logam mengkilap di atas permukaan yang jelek dan tampak berbintik-bintik. Jadi Anda tidak ingin menggosok lapisan (yang dapat terjadi dengan pemolesan berulang). Dan Anda tentunya tidak ingin ada cat cair di bagian bergerak dari mesin tuning.

Tips Merawat Gitar Akustik
Sebagaimana yang diketahui jika gitar akustik memiliki lapisan-lapisan pernis atau lapisan sintetis lainnya untuk melindungi permukaan kayu dan membuatnya bersinar. Jaga agar hasil akhir bebas debu agar tetap berkilau dan transparan selama bertahun-tahun. Maka dari itu jangan pernah membiarkan gitar Anda terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama, dan hindari perubahan suhu dan kelembapan yang drastis. Mengikuti panduan sederhana ini membantu menjaga hasil akhir dari pengecekan (retak) saat membengkak dan menyusut bersama kayu.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *