Tips Mengatasi Noda Telur dari Karpet Dan Baju

GreenClean – Noda telur adalah noda protein yang bisa dihilangkan dari pakaian yang bisa dicuci dengan merendamnya di air dingin sebelum dicuci. Noda telur seringkali mengandung bahan lain tetapi protein membutuhkan perawatan terlebih dahulu. Jangan pernah menggunakan air panas karena akan memasak protein sehingga noda sulit dihilangkan.

Gunakan pisau tumpul atau sendok untuk mengangkat sebanyak mungkin bahan padat dari kain. Jangan menggosok dengan serbet atau kain karena Anda hanya akan mendorong noda lebih dalam ke kain atau menyebarkannya lebih besar. Jika Anda tidak dapat segera merendam noda dalam air dingin, bersihkan noda dengan kain putih atau handuk kertas yang dicelupkan ke dalam air biasa.

Sambil merendam noda telur dalam air dingin, gunakan sikat berbulu halus untuk menggosok perlahan untuk menghilangkan partikel telur. Setelah air dingin meresap, Anda bisa mengatasi komponen noda lainnya seperti mentega atau mayones.

Rawat bagian noda yang berminyak dengan sedikit penghilang noda berbahan dasar pelarut seperti Zout atau Shout sebelum dicuci. Jika Anda tidak memiliki pretreater, oleskan sedikit deterjen cair tugas berat seperti Tide atau Persil (ini adalah merek terkenal dengan enzim yang cukup untuk mengurai minyak) ke noda dan atasi dengan menggosok lembut menggunakan jari Anda. atau sikat berbulu lembut. Kesabaran adalah kuncinya. Biarkan penghilang noda bekerja setidaknya selama lima belas menit untuk menghilangkan minyak dari kain sebelum dicuci dengan mengikuti petunjuk yang disarankan pada label perawatan.

Jika noda telur sudah mengering atau sudah tua, kikis atau singkirkan kotoran yang ada, kemudian rendam dalam larutan campuran pemutih berbasis oksigen (nama mereknya adalah: OxiClean, Nellie’s All Natural Oxygen Brightener, atau OXO Brite) dan air hangat.

Rendam seluruh pakaian. Biarkan meresap setidaknya selama satu jam dan kemudian cuci seperti biasa. Ini aman digunakan untuk semua kain yang bisa dicuci – putih dan berwarna – kecuali sutra, wol dan apapun yang dipotong dengan kulit.

Selalu periksa area bernoda sebelum Anda memasukkan pakaian atau linen ke pengering pakaian. Panas tinggi dari pengering akan membuat noda lebih sulit dihilangkan . Berikut tipsnya :

 

Tips Mengatasi Noda Telur dari Karpet Dan Baju

 

 

Tips Hilangkan Noda Di Pakaian
Saat telur mendarat di jaket atau blus sutra favorit Anda, gunakan pisau atau ujung tumpul untuk mengangkat padatan. Anda dapat menggunakan kain putih yang dicelupkan ke dalam air biasa untuk menghilangkan noda, tetapi pakaian tersebut perlu dibersihkan secara menyeluruh.

Jika pakaian hanya diberi label sebagai pembersih kering, pergilah ke pembersih kering dan tunjukkan dan kenali noda tersebut ke pembersih profesional Anda. Jika Anda menggunakan kit pembersih kering rumahan untuk sweter rajutan, pastikan untuk membersihkan noda telur dengan penghilang noda yang disediakan kit atau pelarut dry cleaning komersial sebelum memasukkan pakaian ke dalam kantong pengering.

Tips Hilangkan Noda Di Karpet
Setelah telur mendarat di karpet, angkat semua makanan padat dengan pisau tumpul atau spatula. Jangan digosok karena akan mendorong telur lebih dalam ke dalam serat.

Campurkan larutan pembersih dari dua sendok teh cairan pencuci piring tangan cair dalam dua cangkir air dingin. Celupkan spons, kain putih, atau sikat berbulu lembut ke dalam larutan. Mulailah dari tepi luar noda dan oleskan larutan pembersih ke area yang terkena noda. Tepuk-tepuk dengan kain putih bersih atau handuk kertas untuk menghilangkan noda dari karpet. Terus pindah ke area kain yang bersih dan kering sampai tidak ada lagi noda yang berpindah.

Celupkan kain putih bersih ke dalam air biasa untuk membilas area tersebut. Sangat penting untuk membilas semua larutan pembersih karena dapat menarik tanah ke area tersebut. Tepuk-tepuk sampai tidak ada sisa sabun yang tersisa. Biarkan karpet mengering dari panas langsung atau sinar matahari. Vakum untuk mengangkat serat karpet.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *