Tips Membersihkan Sofa Berbahan Suede

Jasa Poles Marmer Jakarta – Sofa adalah salah satu perabot yang paling sering digunakan di rumah kita. Ini adalah tempat bermain, tempat camilan, dan tempat tidur yang terkena semua tumpahan dan noda yang dibuat oleh manusia dan hewan peliharaan. Salah satu penutup sofa yang paling didambakan adalah sifat suede alami yang lembut dan kenyal. Karena suede alami mahal, perusahaan memperkenalkan suede mikrofiber buatan manusia yang lebih murah. Jenis bahan suede apa pun yang menutupi sofa Anda, pada akhirnya perlu dibersihkan. Tumpahan dan noda harus segera ditangani dan kedua jenis suede harus disedot setidaknya setiap bulan untuk menghilangkan debu dan tanah gembur. Pembersihan menyeluruh dua kali setahun akan membuatnya tampak hebat. Jika Anda tidak yakin apakah Anda memiliki sofa suede alami yang terbuat dari kulit hewan yang disikat atau sofa suede mikrofiber, sangat penting untuk memastikannya sebelum Anda mulai membersihkan. Namun, perlu diingat :

-Buede alami adalah bahan kulit hewan yang memiliki lapisan tidur siang atau bulu halus. Ini adalah kulit tipis, berpori atau tidak diwarnai dan Anda dapat melihat variasi pada butiran kulitnya.
-Microfiber suede dibuat dari serat poliester dan nilon yang ditenun dan dipotong untuk meniru kesan lembut dan mewah dari suede alami. Berkat jalinan serat yang rapat, suede mikrofiber lebih tahan terhadap debu, kotoran, dan noda dibandingkan suede alami.

Jika Anda tidak dapat menentukan jenis suede yang Anda miliki, cari label perawatan terlampir yang diperlukan untuk semua furnitur yang dijual di Amerika Serikat. Ini akan memandu Anda tentang cara membersihkan suede Anda. Perihal yang harus anda perhatikan sebelum membersihkannya :

-Kode W: Kain dapat dibersihkan dengan pelarut pembersih berbahan dasar air.

-Kode S: Kain ini membutuhkan penggunaan pembersih kering atau pelarut bebas air untuk menghilangkan noda dan kotoran. Penggunaan bahan kimia ini membutuhkan ruangan yang berventilasi baik dan tidak ada api terbuka seperti perapian atau lilin.

-Kode W-S: Kain dapat dibersihkan dengan produk berbasis air atau berbasis pelarut.

-Code X: Jika Anda melihat “X”, hindari semua jenis bahan pembersih. Kain-kain ini hanya boleh dibersihkan dengan menyedot debu atau oleh tenaga profesional. Semua jenis produk pembersih rumah dapat menyebabkan noda dan penyusutan.

 

 

Tips Membersihkan Sofa Berbahan Suede

 

 

Berikut cara membersihkannya :

Yang dibutuhkan :
-Vacuum dengan celah dan pelapis tambahan
-Suede sikat
-Ember
-Mengocok
-Botol semprotan
-Kuas gosok dengan bulu nilon lembut
-Kain mikrofiber
-Spons
– Bedak bayi atau tepung jagung
Penghilang lem komersial (seperti Goo Gone)

Langkah-langkahnya :

Cara Membersihkan Microfiber Suede dengan Sabun dan Air
-Singkirkan Noda Tanah
Gunakan penyedot debu dengan pelapis pelapis untuk menghilangkan tanah di permukaan serat mikro.

-Gunakan Air Hangat
Tambahkan empat cangkir air hangat ke dalam ember atau mangkuk besar. Tambahkan seperempat cangkir cairan pencuci piring. Gunakan pengocok atau mixer genggam untuk membuat banyak busa sabun. Isi ember kedua dengan air biasa.

-Gosok dengan sikat scrub
Celupkan sikat scrub ke dalam busa sabun saja (bukan airnya). Mulailah dari bagian atas bantal atau sandaran sofa atau lengan untuk mencegah busa kotor menetes ke area yang sudah dibersihkan. Oleskan busa secara merata dan gosok dengan baik.

Bilas sikat sesering mungkin dengan air bersih dan pastikan sudah sekering mungkin saat Anda mengulangi langkah-langkah ini dengan busa sabun yang baru. Kerjakan hanya satu area kecil dalam satu waktu.

-Dibilas dengan air
Setelah area tertentu dibersihkan, basahi kain pembersih mikrofiber dengan air biasa dan seka buihnya. Pindah ke area berikutnya dan ulangi langkah berbusa, gosok, dan bilas.

-Keringkan Dengan Vakum
Biarkan kain mengering sepenuhnya. Gunakan sikat pelapis vakum untuk menepuk-nepuk serat.

Cara Membersihkan Microfiber Suede dengan Isopropyl Alcohol
-Sedot dan Siapkan Alkohol
Sedot sofa secara menyeluruh untuk menghilangkan tanah yang gembur. Tuang alkohol isopropil ke dalam botol semprot. Isi ember kecil dengan air dingin.

-Spritz dan Scrub
Mulai daripada bagian atas bantal , semprotkan sedikit kain dengan alkohol. Saat kain masih lembap (alkohol akan cepat menguap) gosok kain dengan spons.Sering-seringlah membilas spons dengan air biasa. Peras dengan baik agar kain tidak terlalu jenuh dengan air.

-Keringkan dan Vakum Lagi
Biarkan sofa mengering. Saat sudah kering, vakum dengan sikat jok untuk mengangkat serat yang kusut.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *