Tips Tepat Perawatan Furniture Berbahan Kayu

GreenClean – Salah satu untuk menciptakan suasana rumah dengan sentuhan asri dan elegan yaitu dengan memiliki furniture-furniture berbahan kayu. Sebagian besar orang memilih furnitur kayu karena sifatnya yang fleksibel, tahan lama, dan memanjakan mata.

Namun kendati demikian furnitur kayu mungkin memerlukan beberapa pembersihan dan perawatan ekstra agar dapat membuatnya selalu berada dalam kondisi yang baik.Jenis kayu yang berbeda pun membutuhkan metode pembersihan yang berbeda.

Namun terkadang dari waktu ke waktu, furniture-furniture kayu mengumpulkan kotoran yang mungkin tidak bisa dihilangkan hanya dengan alat pembersih debu. Mungkin perlu pembersihan serius.

Sebagaimana menurut seorang ahli kebersihan Melissa Maker, memberikan beberapa tips saat membersihkan perabotan kayu sesuai jenisnya. Apa saja ? Berikut ulasannya :

 

 

Tips Tepat Perawatan Furniture Berbahan Kayu

 

 

1. Perawatan Furniture Kayu yang Dicat
Nyatanya, perawatan furnitur kayu yang dicat mungkin lebih mudah dibandingkan dengan merawat jenis permukaan kayu lainnya.

Anda mungkin ingin menghindari penggunaan lilin dan semir karena dapat merusak dekorasi dan warna.

Anda dapat membersihkannya secara teratur dengan penyedot debu kecil. Gunakan sikat dengan vakum untuk menghilangkan debu tanpa goresan.

Kadang-kadang anda dapat mengelap bagian atas kayu menggunakan spons untuk menghilangkan bekas dan noda yang mudah dilepas.

Anda juga bisa menyiapkan larutan menggunakan cairan pencuci untuk menyikat permukaannya.

2. Perawatan Furniture Kayu yang Diolesi Minyak
Kalau jenis ini , biasanya perabot kayu jenis ini membutuhkan pemakaian minyak furnitur yang teratur supaya permukaannya tetap bersih dan berkilau.

Jangan membersihkannya dengan lilin, karena lilin dapat menghalangi pori-pori kayu sehingga menjadi kering dan rapuh.

Apabila muncul bintik-bintik putih misalnya karena bekas gelas minum basah diletakkan langsung di permukaan, cobalah menggosoknya dengan sedikit pasta gigi yang dioleskan pada kain bersih.

Anda pun juga dapat menghilangkan bercak air dengan menggunakan abrasif lembut dan sedikit minyak. Abrasif yang tepat bisa berupa garam, abu, atau batu apung.

Minyak seperti minyak zaitun atau minyak goreng bisa menjadi pilihan yang baik untuk digunakan dengan bahan abrasif yang dipilih.

3. Perawatan Furniture Kayu yang Dipoles
Untuk tipe kayu yang dipoles biasanya dapat dibersihkan dengan menggunakan pernis atau lilin.

Anda dapat menggunakan cat komersial untuk membersihkan bagian atas kayu dengan cepat.

Jika diaplikasikan di barang antik, mungkin lebih baik untuk menerapkan lilin pasta yang memberikan hasil tahan lama daripada cairan atau cat semprot.

Anda bisa juga memberikan olesan eksteriornya dengan kain bersih yang dibasahi teh dan kemudian memolesnya sampai bersih.Cara lain adalah dengan menggunakan mayones pada bagian luar kayu untuk menghilangkan bercak putih .

Ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan tanda air dan tanda krayon. Biarkan mayones selama sekitar satu jam. Kemudian bersihkan dengan kain bersih dan lembut dan ikuti dengan polesan.

4. Perawatan Furniture Kayu Khusus
Beberapa contoh yang masuk dalam kategori ini antara lain yaitu kayu khusus termasuk rotan, anyaman, tebu, dan bambu. Mereka biasanya memberikan kesan hasil final yang alami.

Perhatikan debu-debu yang biasanya berada di sela-sela rotan. Anda juga dapat menggunakan kain microfiber yang dibasahi untuk membersihkan eksterior.

Kemudian kita juga bisa membilasnya dengan air untuk mengembalikan kelembapan seratnya. Tapi ingat untuk tidak melakukannya terburu-buru karena bisa rusak oleh kelembaban.

Pertimbangkan juga untuk memoles perabotan kayu Anda untuk mempertahankan keindahannya setidaknya dua kali dalam setahun.

Kemudian kombinasikan dengan minyak zaitun atau minyak sayur dengan cuka putih dalam ukuran yang sama dan kemudian oleskan pada kayu dengan kain lembut.

Nantinya, kain membuatnya mengkilap. Sebagaimana ini juga menguntungkan karena akan menambah kelembapan pada kayu.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *