Tips Perawatan Ampuh Untuk Furniture Khusus Outdoor Agar Terlihat Baru

Jasa Bersih Kantor – Memiliki lahan kosong dibelakang rumah salah satu keuntungan untuk si pemilik rumah. Banyak sekali manfaatnya, seperti untuk menambah luas dapur, menambah luas kamar tidur, atau bahkan dimanfaatkan sebagai area relaksasi.

Umumnya, jika lahan yang tersedia cukup luas, penghuni kerap membuat kolam ikan hingga gazebo di sana. Namun bila areanya terbatas, taman mini sering menjadi alternatif yang populer diterapkan.

Jika membahas tentang taman, tentu tak lepas dari beberapa furniture seperti satu set meja dan bangku sebagai dekorasinya.

Sesuai kebutuhan dan tema yang hendak diusung, Anda bisa memilih meja dan kursi berbahan rotan, aluminium, plastik, kayu jati, maupun besi tempa.

Furnitur-furnitur yang akan ditempatkan di luar ruangan haruslah memiliki daya tahan yang kuat dan perawatan yang mudah. Dikutip dari realsimple.com, berbeda material dasarnya, maka berbeda pula ramuan pembersihnya. Apa sajakah itu?

 

Tips Perawatan Ampuh Untuk Furniture Khusus Outdoor Agar Terlihat Baru

 

 

Furniture Berbahan plastik
Furniture berbahan plastik paling mudah dijumpai di toko perabot dengan harga yang relatif murah. Tak hanya itu, perawatannya pun terbilang cukup mudah. Lap meja dan kursi dengan kain bersih yang dibasahi campuran air dan sabun pencuci piring, lalu bilas dengan selang dari atas ke bawah.

Apabila ada jamur pada salah satu kaki kursi, maka Anda dapat membersihkannya dengan baking soda. Sedikit catatan, sebaiknya masukkan furniture plastik ke dalam rumah saat hujan turun. Ini bertujuan agar meja dan kursi bisa bertahan lebih lama, tidak mudah rusak atau mengelupas.

Furniture Berbahan rotan
Untuk rumah bertipe minimalis, furnitur berbahan rotan cukup sering digunakan. Sama seperti plastik, bahan rotan relatif mudah dibersihkan dari kotoran dan jamur yang menempel.Caranya dengan menggunakan sikat lembut yang dibasahi dengan air dan sabun berbasis minyak ringan.

Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas sebagai alat pembersihnya. Namun jika bulu sikat gigi tidak cukup kaku untuk menyingkirkan kotoran yang terselip, gunakan ujung lidi, kawat, atau objek runcing lainnya. Bersihkan secara hati-hati agar tak merusak pola anyaman.

Setelah disikat sempurna, bilas kursi dan meja menggunakan air. Untuk hasil yang maksimal, bersihkan furnitur minimal seminggu sekali guna mencegah penumpukan kotoran di celah-celah anyaman.

Furniture Berbahan besi tempa
Proses merawat furniture berbahan dasar besi tempat serupa dengan plastik. Anda hanya perlu mengelapnya dengan kain bersih yang sudah dibasahi campuran air dan deterjen pencuci piring.

Kursi dan meja besi tempa membutuhkan perhatian khusus, karena jika noda yang menempel tidak segera dibersihkan maka akan memicu timbulnya karat.

Furniture Berbahan kayu jati
Berbeda halnya dengan furnitur berbahan kayu jati. Ramuan yang bisa digunakan untuk merawatnya adalah minyak kayu.

Oleskan minyak ke seluruh bagian furnitur dengan kain bersih secara perlahan. Minyak kayu membantunya lebih tahan lama, melindungi dari sengatan sinar matahari dan membuatnya bersinar seperti baru.

Tidak cuma memiliki minyak kayu juga dapat mempertahankan kelembaban sehingga mampu menurunkan suhu panas matahari ketika mengenai permukaan furnitur.

Bagi Anda yang malas bersih-bersih, furnitur berbahan kayu jati sangat cocok dibeli karena perawatannya dapat dilakukan setiap enam bulan sekali.

Furniture Berbahan aluminium
Lap dengan kain bersih yang dibasahi campuran air dan sabun cuci piring untuk membersihkan kotoran yang menempel pada furnitur aluminium.

Untuk menghapus bekas goresan, pakai kain lembut yang telah dibasahi dengan air dan cairan pembersih kamar mandi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *