Pilihlah Matras Terbaik Untuk Tempat Tidurmu !

Berita Terbaru Furniture Tidur adalah salah satu aktivitas paling vital dalam hidup manusia. Rata-rata orang dewasa membutuhkan minimal 7 jam untuk tidur. Tidur yang baik dapat membuat tubuh lebih sehat, pikiran lebih fokus, memori kuat, dan emosi yang stabil. Sebaliknya, tidur yang buruk juga dapat menurunkan kualitas hidup. Tapi tak banyak orang tahu, jika kualitas tidur tidak hanya ditentukan oleh lama waktu tidur tapi juga kualitas matras yang digunakan lho! Kamu pasti penasaran kan kenapa sih matras berkualitas itu diperlukan? Daripada bertanya-tanya, yuk simak beberapa alasan kenapa kamu perlu matras berkualitas!

 

 

Pilihlah Matras Terbaik Untuk Tempat Tidurmu !

 

 

1. Matras sudah terlalu tua
Kamu perlu matras baru yang berkualitas karena matras yang kamu miliki sekarang mungkin sudah kamu pakai lebih dari tujuh tahun. Waktu selama itu cukup untuk membuat matras tidak lagi mampu menopang tubuh dengan baik, sehingga kamu perlu beberapa menit untuk menemukan posisi tidur yang tepat sebelum benar-benar terlelap. Itu adalah tanda bahwa kamu perlu matras baru untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

2. Matras terlalu sempit
Ukuran matras sangat mungkin memengaruhi kenyamanan tidur kamu. Pastikan ukuran lebar dan tinggi matras bisa memenuhi kebutuhanmu untuk bergerak bebas ketika tidur. Terutama ketika telah memiliki pasangan, kamu wajib memiliki matras yang luasnya cukup dan nyaman untuk berdua. Jika kamarmu sempit, aturlah kembali barang-barangmu agar tetap leluasa. Penggunaan dipan atau headboard yang memiliki area penyimpanan bisa jadi solusi.

3. Tekstur matras sudah tidak kompak
Pegas yang merenggang, elastisitas matras yang menurun, dan kepadatan matras yang sudah tidak merata adalah tanda bahwa kualitas matrasmu telah menurun. Terutama jika ada bagian yang sudah begitu cekung bahkan bolong. Matras baru yang tingkat kelunakannya sesuai dengan kebutuhan akan membuat tidurmu lebih lelap.

Sebelum membeli, jangan ragu untuk mencoba matras di toko karena keras dan lembutnya sebuah matras berbeda-beda bagi setiap orang. Kamu juga bisa membaca opini atau review dari para pembeli sebelumnya di internet untuk mengetahui pengalaman menggunakan matras incaranmu dalam waktu lama.

4. Meningkatkan Produktivitas
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, matras yang berkualitas adalah elemen penting untuk memperoleh tidur yang berkualitas. Matras yang tidak nyaman ditiduri membuatmu perlu mengatur posisi berkali-kali bahkan di tengah malam, tentu saja ini mengakibatkan tidurmu jadi kurang nyeyak.

Alhasil tubuhmu tidak beristirahat dengan cukup. Akibatnya, kamu akan kehilangan konsentrasi dan mudah lelah. Kelelahan yang tidak dilepaskan dengan sempurna akan mengganggu produktivitasmu esok harinya.

5. Mengurangi Stress
Sebuah studi pada tahun 2009 di Amerika Serikat menunjukkan, bahwa para responden yang tidur di atas matras yang memiliki tingkat kekerasan yang tepat mengalami penurunan tingkat stress. Beberapa ciri stres seperti mudah khawatir, marah, gugup, gemetar, banyak beban pikiran hingga sakit kepala dinyatakan menurun berkat tidur di atas matras yang berkualitas. Jika tingkat stress berkurang pastinya kualitas hidup pun akan meningkat.

6. Menghindarkan Kemungkinan Alergi
Selama tidur kita juga berkeringat dan menghasilkan sel-sel kulit mati yang pastinya terakumulasi di atas matras. Meski telah dibersihkan dan rutin mengganti seprai, efek dari endapan keringat dan sel kulit mati pada matras kita tak dapat dihilangkan sepenuhnya. Bakteri dan tungau akan berkembangbiak di atas matras tanpa kita sadari. Tungau kasur lebih berbahaya daripada yang kamu bayangkan, lho. Saat seperti inilah kesehatan kulit akan terancam. Bukan hanya itu, potensi asma juga bisa meningkat. Itulah mengapa kita perlu matras berkualitas. Pilihlah matras dengan suhu yang tepat, tidak panas juga tidak lembab sehingga mudah berjamur, salah satunya seperti matras dari Dunlopillo . Gunakan juga bed protector untuk melapisi kasir agar debu dan bakteri tidak mudah menembus ke dalam.

7. Mencegah Sakit Pinggang
Matras yang sudah tidak merata kepaatannya membuat posisi tubuhmu salah ketika tidur. Matras yang suah lama digunakan rata-rata akan lebih cekung pada titik-titik dimana bagian tubuh lebih berat. Matras seperti inilah yang nantinya akan meningkatkan resiko sakit pinggang, bahkan penurunan kualitas matras ini bisa langsung kamu rasakan ketika bangun pagi berupa leher yang kaku.

Jadi sebelum pinggangmu terlanjur sakit dan nantinya memengaruhi aktivitasmu, lebih baik segera mendapatkan matras yang berkualitas. Cobalah dahulu matras sekitar 20 menit sebelum dibeli, matras yang lembut dan keempukannya sedang cenderung ideal. Gunakan juga bantal yang tingginya sesuai dengan kenyamanan lehermu.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *