Ragam Karpet Tipe Lantai Serta Keunggulannya

Berita Terbaru Furniture Mungkin banyak sobat Kania yang tidak tahu kalau karpet lantai terdiri dari banyak kategori khusus dalam pembedaannya. Untuk membedah karpet lantai hingga tuntas, langsung yuk simak serba-serbi jenis karpet lantai dan keunggulannya, dirangkum Hostcoremedia dari berbagai sumber antara lain :

 

 

Ragam Karpet Tipe Lantai Serta Keunggulannya

 

 

1. Karpet Lantai Berdasarkan Ruang
-Karpet Area Rumah
Salah satu jenis karpet lantai berdasarkan ruang yang paling populer adalah karpet area rumah. Ini artinya karpet lantai ini berguna untuk seluruh ruangan rumah, terutama di bagian interior ruang keluarga dan ruang tamu, serta bersifat dekoratif. Jenis karpet lantai ini bisa terdiri dari berbagai bentuk, bahan, pola dan motif.

-Karpet Jenis Runner
Seperti namanya, karpet lantai jenis runner didesain untuk menutupi areal yang bentuknya memanjang dengan kelebaran yang pendek. Karpet lantai runner sering digunakan untuk menutupi koridor atau area transisi dari satu ruang ke ruang lainnya. Ada pula karpet lantai runner yang dibentang panjang menutupi anak tangga dan disebut Stairs Runner.

-Karpet Outdoor
Karpet lantai jenis outdoor bersifat tahan terhadap cuaca, medan, dan kotoran. Nama lainnya heavy duty. Karpet lantai jenis outdoor sering ditemukan di teras rumah, dek atau halaman rumah untuk mempercantik halaman rumah.

-Karpet Lantai Anak
Karpet lantai anak biasa hadir untuk menemani aktivitas si kecil di ruang istirahat atau ruang bermainnya. Karpet lantai anak sering muncul dalam bentuk berwarna-warni dengan pola yang lucu. Lebih pentingnya lagi, karpet lantai anak ini melindungi si kecil dari dinginnya dan kerasnya lantai rumah.

-Karpet Khusus Kamar Mandi
Untuk kamar mandi, karpet lantai ini terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah karpet lantai yang memiliki permukaan lembut dan bisa menyerap air, serta agak tebal dan diletakkan di area kering di dalam kamar mandi. Yang kedua adalah karpet lantai anti-slip yang biasa terbuat dari bahan karet dan sering ditempatkan di area basah kamar mandi. Dengan karpet lantai anti-slip ini, kamu akan semakin leluasa keluar masuk tanpa harus khawatir jatuh atau terpeleset.

-Karpet Dapur
Karpet lantai untuk dapur juga sering menjadi pilihan karpet yang popular sebagai dekor ruangan sekaligus untuk melindungi lantai dari percikan minyak, air dan kotoran.

2. Karpet Lantai Berdasarkan Bahan
-Karpet Wol
Karpet lantai dari wol adalah salah satu bahan terbaik dan cukup popular. Karena sifat serat alaminya, karpet lantai dari wol biasanya lebih lembut dan tahan pakai. Keunggulan lain dari karpet lantai dari bahan wol adalah mudah dibersihkan, tidak gampang bernoda dan punya ciri khas yang mewah dan nyaman.

Karpet lantai dari wol umumnya sering digunakan di ruangan rumah yang sering dilalu lalang, misalnya di interior ruang keluarga dan ruang makan. Hindari pemakaian bahan karpet lantai ini untuk daerah yang lembab karena akan berjamur dan memudar warnanya.

-Karpet Katun
Karpet lantai katun biasanya lebih murah daripada bahan wol, tetapi biasanya juga lebih tidak tahan dan tidak semewah bahan wol. Karpet lantai dari katun lebih cocok digunakan di area umum seperti ruang foyer ataupun dapur.

-Karpet Benang Rami
Salah satu bahan natural dalam pembuatan karpet lantai, benang rami juga cukup tahan dan mudah dipadupadankan dengan bermacam gaya desain interior rumah. Karpet lantai dari benang rami cocok digunakan di bagian luar rumah karena sifatnya yang lebih keras dan tahan cuaca. Tekstur karpet lantai ini biasanya lebih padat dan tidak lembut, tetapi pastinya tahan untuk berbagai kebutuhan.

-Karpet Kulit Hewan
Karpet lantai dari kulit hewan adalah salah satu barang mewah yang cantik, punya nilai tinggi dan menggoda. Biasanya karpet lantai kulit hewan dibandrol dengan harga yang tinggi karena tidak mudah didapatkan, serta punya nilai unik tersendiri.

Lebih sering mengambil peran dekorasi, karpet lantai jenis kulit hewan bisa menjadi elemen yang menarik perhatian di sebuah ruangan. Hanya saja, hati- hati dalam penataannya agar tidak diletakkan di ruangan yang lembap karena bisa rusak.

-Sintetik
Bahan sintetik adalah alternatif dari beberapa bahan karpet lantai yang bersifat alami misanya wol, katun, sutra hingga kulit asli. Jenis karpet lantai sintetik biasanya lebih terjangkau, namun bisa dibuat sedemikian rupa sehingga masih ada kesan elegan dan luks layaknya dari bahan asli.

Bahan ini juga mudah didapat dan gampang dibersihkan setiap saat. Namun, kelemahan karpet lantai sintetik adalah lebih cepat rusak, terutama jika sering mendapat paparan perubahan cuaca dan kelembapan.

Usai membaca ulasan di atas, apakah kamu sudah tahu jenis karpet lantai mana yang paling cocok untuk hunianmu? Usahakan jangan salah pilih lagi ya !

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *