Simak Panduan Tepat Cara Memilih Lemari Tipe Laci

Berita Terbaru Furniture Tanpa disadari barang-barang maupun pakaian Anda makin hari pasti akan makin banyak. Namun, bagi Anda yang tinggal sendiri mungkin memiliki ruang yang terbatas untuk menambah perabotan. Jika memiliki lemari laci yang bisa menampung banyak barang, pasti akan terasa lebih menyenangkan, bukan?

Sekarang kami akan memberi tips untuk memilih lemari laci bagi Anda yang tinggal sendiri. Jadi, baca tips yang kami tulis baik-baik. Dengan begitu, Anda bisa menemukan lemari laci terbaik untuk menyimpan barang kesayangan. Antara lain :

 

Simak Panduan Tepat Cara Memilih Lemari Tipe Laci !

 

 

Pilih tipe lemari sesuai tujuan penggunaan dan besar ruangan
Penting untuk memastikan ukuran furnitur agar ruangan Anda tetap terlihat luas. Pastikan lebar dan panjangnya sesuai dengan besarnya ruangan Anda.

Ada 2 tipe lemari laci, yang pertama adalah tipe ramping dan kedua adalah tipe melebar. Tipe ramping umumnya berukuran cukup tinggi, sedangkan tipe melebar biasanya dibuat pendek. Tipe melebar direkomendasikan untuk Anda yang tidak ingin lemari laci terlihat terlalu mencolok di dalam ruangan. Tipe ini juga cocok untuk Anda yang ingin memaksimalkan ruangan dengan memanfaatkan bagian atas lemari untuk menaruh barang lain.

Nah, jika Anda menginginkan lemari laci yang bisa ditaruh di area sempit, tipe ramping dan tinggi bisa dipilih. Namun, Anda tetap perlu mempertimbangkan ukuran secara keseluruhan agar tidak terkesan terlalu menonjol akibat tingginya itu.

Pilih berdasarkan ada atau tidaknya kaki lemari
Lemari laci tanpa kaki lebih stabil dan memiliki ruang penyimpanan lebih luas. Namun, debu cenderung terkumpul di bawah lemari karena lebih sulit dibersihkan. Selain itu, bila lemari diletakkan di atas karpet berbulu panjang, bisa jadi laci terbawah jadi lebih sulit dibuka tutup.

Untuk lemari laci berkaki, memang kestabilannya berkurang dibanding lemari tanpa kaki. Akan tetapi, bagian bawah lemari mudah dibersihkan. Dibanding tipe tanpa kaki, lemari berkaki juga akan membuat ruangan terkesan lebih lega meski keduanya memiliki tinggi sama. Biasanya lemari laci tipe ini juga memiliki banyak desain yang cantik dan terkesan stylish. Tentunya pas untuk Anda yang mengutamakan tampilan.

Pilih sesuai materialnya
Pemilihan bahan material juga sangat penting karena akan memengaruhi kesan dan suasana ruangan Anda. Pastikan Anda memilih lemari laci sesuai materialnya, ya!

1.Particle board, ekonomis dan memiliki desain yang melimpah
Lemari laci yang paling populer di kalangan orang yang tinggal sendiri adalah produk berbahan particle board. Selain mudah dirawat, bahan ini juga memiliki desain dan warna yang beragam.

Meskipun tampilannya tidak semewah kayu solid, produk ini lebih ringan dan mudah dirawat. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang tidak mengutamakan soal material lemari. Anda akan mudah menemukan produk yang memiliki tampilan cantik, mudah digunakan, serta memiliki harga ekonomis.

Hanya saja, Anda harus lebih saksama dalam perawatannya, terutama untuk lemari yang memiliki harga terlampau murah. Hal ini disebabkan lapisan lemarinya lebih mudah terkelupas. Memang hal ini lebih sulit ditentukan jika hanya melihat dari foto, jadi cobalah mencari info tambahan dari review pengguna.

2.Plastik, ringan, mudah dirawat, dan mudah dipindah-pindah
Lemari laci dengan bahan plastik memiliki bobot yang ringan dan mudah dirawat. Harganya pun murah dan mudah didapatkan di mana saja. Sangat cocok untuk Anda yang tinggal sendiri.

Kekurangan produk ini adalah tampilannya yang terkesan murahan karena terbuat dari plastik. Namun, kemudahan penggunaannya tetap menjadi nilai tambah. Terlebih bila Anda baru menikah atau hendak berpindah tempat tinggal, pemilihan lemari berbahan plastik akan sangat memudahkan Anda.

3.Kayu solid, harganya relatif mahal, tetapi awet digunakan
Daya tarik utama produk berbahan kayu asli seperti kayu pinus, mahoni, atau jati adalah kesan hangat yang ditimbulkannya. Selain cocok dengan interior bernuansa alami, bahan ini juga cocok dipadukan dengan interior bergaya modern atau Scandinavian.

Semakin sering digunakan, semakin indah tampilannya sehingga bisa digunakan untuk waktu lama. Meski demikian, harganya lebih mahal dibanding material lainnya. Berhubung perawatannya harus lebih hati-hati, disarankan Anda menggunakan cairan pembersih khusus saat hendak membersihkannya. Dengan begitu, lemari Anda pun akan awet.

Pilih laci yang mudah digunakan dan muat banyak
Kenyamanan saat digunakan tentu merupakan poin penting saat hendak memilih lemari laci. Di bawah ini kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan lebih detail sebelum membeli.

1.Sesuaikan kapasitas laci dengan barang yang disimpan
Setiap lemari memiliki jumlah laci yang berbeda-beda. Ada juga produk lemari yang dalam satu lacinya terbagi lagi menggunakan sekat-sekat. Jika Anda tinggal sendiri, biasanya area untuk meletakkan perabot lebih terbatas. Maka dari itu, pertimbangkan terlebih dahulu lokasi penempatan lemari serta pilih ukuran lemari dan lacinya sesuai kebutuhan.

Jika Anda mencari lemari untuk menyimpan pakaian Anda, pilihlah laci berkapasitas besar. Sebaliknya, Anda bisa memilih laci kecil untuk menyimpan barang atau pernak-pernik yang berukuran lebih kecil.

2.Periksa keberadaan rel geser pada laci
Kebanyakan laci yang dilengkapi rel geser umumnya memiliki stopper di ujung untuk mencegah laci terlepas dari lemari. Nah, lemari yang lacinya bisa dilepas akan memudahkan Anda saat hendak mengerjakan sesuatu di lantai. Anda pun jadi lebih mudah membersihkan bagian-bagian laci bila bisa dilepas.

Di pasaran terdapat beragam jenis lemari laci dengan rel geser. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih lemari yang pas dengan penggunaan Anda.

Pastikan bisa dibongkar pasang dan dipindahkan sendiri
Bagi Anda yang tinggal sendiri penting untuk memilih lemari laci yang bisa dirakit dengan mudah. Pastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merakit dan apakah bisa dirakit sendiri. Jika Anda ragu untuk merakitnya sendiri, pilihlah produk jadi. Meskipun harga produk jadi lebih mahal, Anda tidak perlu repot-repot merakitnya sendiri.

Hal yang perlu menjadi pertimbangan Anda saat memilih produk jadi adalah ukurannya. Berhubung ukurannya akan lebih besar, pastikan produk pilihan Anda dapat masuk melalui pintu masuk atau lift. Selain itu, bila lemari jadi pilihan Anda berbobot terlampau berat, Anda akan sulit ketika hendak memindahkannya sendirian. Oleh karena itu, pilihlah produk yang bisa dipindahkan sendiri tanpa harus repot meminta tolong teman.

Pilih produk sesuai nuansa ruangan Anda
Kami telah menjelaskan berbagai tips memilih lemari laci. Namun, penting juga untuk memastikan produk pilihan Anda senada dengan interior dan perabotan lainnya, seperti TV dan meja.

Sebagai contoh, untuk interior bergaya natural, pilihlah lemari berdesain simpel dengan bahan kayu solid. Sementara, untuk ruangan bernuansa Asia, Anda bisa memilih lemari laci berwarna cokelat gelap. Lain halnya dengan ruangan bernuansa monotone, disarankan memilih produk berwarna hitam atau putih.

Seindah atau sebagus apa pun lemari laci pilihan Anda, jika tidak sesuai dengan tema ruangan pasti akan terlihat aneh. Jadi, pilih dan sesuaikanlah desain serta warna lemari laci dengan nuansa ruangan secara keseluruhan.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *