Kiat-Kiat Sebelum Membeli Lemari Kantor

Berita Terbaru Furniture Lemari arsip/kantor digunakan untuk membantu mengorganisasi barang dengan rapi. Namun, sesuai namanya, produk ini lebih diperuntukkan untuk menyimpan arsip atau dokumen penting perusahaan. Bila suatu hari atasan meminta laporan keuangan tahun lalu, Anda bisa dengan mudah menemukannya dengan lemari arsip. Lemari arsip juga mampu menjaga dokumen penting perusahaan dari rayap, kobaran api, dan hal lain yang tak terduga. Menggunakan lemari arsip akan mengurangi risiko dokumen hilang dan rusak. Lemari arsip dengan desain menarik juga mampu menambah nilai estetika ruangan Anda. Bila belum memilikinya, tak ada salahnya Anda mencoba membeli lemari arsip. Sebelum memilih lemari arsip, Anda perlu mengetahui poin-poin penting yang perlu diperhatikan. Berikut ulasan lengkapnya :

 

Kiat-Kiat Sebelum Membeli Lemari Kantor

 

 

Sesuaikan ukuran lemari dengan besar ruangan
Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih adalah memeriksa besarnya ruangan Anda. Tentukan tempat untuk meletakkan lemari dan periksa luas ruangan. Bila memiliki ruangan luas, Anda bisa lebih bebas memilih lemari. Lemari berkapasitas besar bukan masalah untuk ruangan yang besar pula. Akan tetapi, untuk ruangan yang sempit, Anda lebih baik memilih lemari kecil dan ramping. Lemari berukuran besar hanya akan membuat ruangan terasa semakin pengap. Perhatikan pula sisa ruang saat pintu lemari dibuka. Jika sisa ruang dirasa terlalu sempit, Anda bisa memilih lemari dengan pintu geser atau tanpa pintu.

Periksa bahan demi pemakaian jangka panjang
Bahan lemari sangat memengaruhi keamanan produk dari kerusakan. Ada beberapa bahan yang biasanya dipakai untuk lemari arsip, yaitu besi, kayu, dan particle board. Berikut akan kami bahas mengenai bahan lemari arsip satu per satu.

1.Besi, aman dari kobaran api
Lemari yang terbuat dari bahan besi atau metal dikenal lebih kuat dan stabil. Karena itu, lemari ini cocok dipakai untuk menyimpan benda berat. Selain itu, lemari besi dikenal lebih tahan dari api dibandingkan bahan lainnya. Jadi, Anda bisa lebih tenang menyimpan arsip di dalam lemari.Akan tetapi, tampilan lemari besi kebanyakan polos dan tidak menarik. Hal tersebut membuat tampilan ruang Anda tampak membosankan. Namun, bagi Anda yang tak terlalu memikirkan penampilan dan mementingkan fungsi, lemari besi bisa jadi pilihan.

2.Kayu, kuat dan tahan lama
Sama halnya dengan besi, kayu juga bahan yang cukup kuat dan tahan lama. Selain itu, serat-serat motif pada kayu menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang menyukai interior bergaya alami. Selain membantu mengorganisasi arsip, lemari kayu juga mampu membuat ruangan Anda terasa mewah dan hangat. Akan tetapi, lemari dari kayu biasanya memiliki bobot yang cukup berat. Kemudian, harganya pun cukup mahal. Jadi, pastikan anggaran belanja Anda cukup sebelum memilih produk ini.

Pilih sesuai tipe lemari
Setelah mengetahui bahan dan besar ruangan, Anda juga perlu mengetahui tipe lemari. Ada tipe lemari dan rak, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahuinya lebih lanjut mari simak penjelasannya berikut.

1.Rak, mudah digunakan
Lemari rak umumnya memiliki papan-papan yang diletakkan secara horizontal. Papan tersebut berguna untuk meletakkan benda yang akan disimpan. Map-map dokumen kantor biasanya akan diletakkan secara vertikal saat menyusunnya. Dengan begitu, Anda bisa mengambil map tersebut dengan cepat dan mudah.Akan tetapi, lemari ini memiliki keterbatasan ukuran dokumen yang bisa disimpan. Anda bisa memeriksa ukuran rak terlebih dahulu sebelum memilih. Kemudian, ada juga lemari rak yang memiliki pintu kaca. Dengan pintu kaca, Anda dapat mencari arsip tanpa membuka lemari terlebih dahulu. Lebih praktis, bukan?

2.Laci, bisa menyimpan barang besar
Berbeda dengan tipe rak, tipe laci bisa dipakai untuk menyimpan dokumen dalam berbagai ukuran. Hal itu dikarenakan Anda bisa menyimpan dokumen dengan cara horizontal sehingga ruangnya pun lebih luas. Kemudian, bentuk laci yang tertutup membuat dokumen yang Anda simpan lebih aman dan terjaga rahasianya. Hanya Anda dan staf kantor yang tahu persis mengenai dokumen di dalamnya. Hal ini membuat risiko pencurian dari orang luar menurun. Akan tetapi, akan sulit mengambil dokumen yang tertumpuk. Agar lebih mudah, Anda bisa menambahkan tanda dan catatan untuk setiap bagian pada map.

3.Pastikan sistem keamanan lemari
Anda perlu memerhatikan keamanan lemari saat ingin menyimpan dokumen berharga di dalamnya. Pastikan lemari dilengkapi kunci untuk mengamankan dokumen. Selain itu, pilihlah lemari tahan api atau air untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda pasti akan lebih lega menyimpan dokumen berharga di dalam lemari dengan keamanan tinggi, bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *