Kiat-Kiat Memilih Lampu Ruang Tamu Untuk Hunianmu

Berita Terbaru Furniture Ruang tamu termausk salah satu ruang yang penting dalam suatu bagian rumah. Untuk memperindah ruangan dan membuat tamu yang datang lebih nyaman, Anda bisa meletakkan sebuah lampu di ruang tamu. Ada berbagai jenis dan gaya lampu ruang tamu yang harus Anda ketahui. Misalnya lampu plafon bergaya natural atau pun lampu bergaya Skandinavia. Selain tingkat kecerahan, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti desain yang cocok dengan susana ruang atau kemudahan penggunaannya. Berikut beberapa poin-poin penting saat memilih lampu ruang tamu :

 

Kiat-Kiat Memilih Lampu Ruang Tamu Untuk Hunianmu

 

 

Pilih berdasarkan tipe lampunya
Lampu ruang tamu dibagi menjadi 3 tipe utama, yakni lampu gantung, lampu plafon, dan indirect. Pilihlah dengan mempertimbangkan secara keseluruhan ruang seperti apa yang Anda inginkan!

1.Lampu gantung yang mengubah kesan pencahayaan sesuai posisi lampu
Lampu gantung direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengatur suasana ruangan dengan lebih bebas. Tinggi tali lampunya dapat diatur sehingga cahaya yang dihasilkan memberikan kesan yang bervariasi. Anda juga dapat mengombinasikannya dengan penerangan indirect untuk menyesuaikan intensitas cahaya.

Banyak pilihan desain lampu gantung untuk menciptakan setiap susana ruang tamu yang Anda inginkan. Anda dapat menggantungnya di atas sofa atau ruang bermain anak. Anda bahkan bisa memadukannya dengan lampu indirect untuk menciptakan kesan ruangan yang unik dan berkarakter.

2.Lampu plafon yang menerangi seluruh ruang tamu
Lampu ini dipasang langsung di plafon ruangan. Selain tidak memakan banyak tempat, cahayanya dapat mencapai seluruh ruangan sehingga dapat menjadi penerangan utama. Desainnya yang sederhana membuat lampu ini dapat disesuaikan dengan setiap gaya ruangan. Lampu plafon merupakan lampu paling umum dan mudah digunakan.

3.Penerangan tidak langsung (indirect) untuk menambah kecerahan
Ketika cahaya dari lampu utama dirasa kurang terang atau sekadar ingin menciptakan suasana teduh, Anda bisa menggunakan lampu indirect. Lampu indirect adalah jenis lampu yang lebih fleksibel dan digunakan untuk menerangi bagian ruang tertentu, misalnya langit-langit, dinding, atau lantai.

Keuntungan penerangan jenis ini adalah Anda dapat menambah atau mengurangi intensitas cahaya sesuai dengan lokasi dan kegiatan. Dengan begitu, Anda bisa lebih bebas mengubah kesan ruangan. Menghabiskan malam hanya dengan menyalakan penerangan jenis ini juga sangat menyenangkan, lho.

Pilih berdasarkan intensitas cahayanya, idealnya 40 W untuk setiap 1,5 m persegi
Jika Anda akan memasang penerangan utama di ruang tamu, periksa tingkat intensitas cahayanya terlebih dahulu. Idealnya, lampu dengan daya 40 W mampu menerangi 1,5 meter persegi luas area. Namun, tergantung dari gaya ruangan, daya lampu atau jumlah lampu yang digunakan akan bervariasi.

4.Untuk lampu plafon, perhatikan juga bobotnya dan pastikan plafon Anda bisa menahannya
Saat memilih lampu untuk dipasang di plafon, periksa beratnya terlebih dahulu agar dapat dipasang dengan aman. Lampu yang dipasang di plafon memerlukan perlengkapan kabel yang disebut ceiling rose. Sebagian besar tempat tinggal sudah terpasang sebelumnya dan kapasitas muatannya sekitar 5 kg.

Bila berat lampu lebih dari 5 kg, perlu ditambahkan rosette (dudukan plafon) yang kapasitas muatannya sekitar 10 kg. Bila ingin memasang lampu yang beratnya lebih dari 5 kg, Anda mungkin perlu melakukan modifikasi pada plafon rumah Anda. Jadi pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih lampu, ya.

Pertimbangkan fitur tambahan untuk menambah kenyamanan
Beberapa penerangan memiliki fitur yang praktis. Agar dapat menghabiskan waktu dengan lebih nyaman, periksa juga fitur tambahan pada lampu.

1.Fitur pengatur tingkat kecerahan, dapat menghemat tagihan listrik
Untuk Anda yang ingin menghemat tagihan listrik atau Anda yang mementingkan suasana ruangan, kami sarankan lampu dengan fitur pengatur tingkat kecerahan. Ada yang memiliki fitur sederhana seperti untuk menerangkan dan untuk meredukan, tetapi ada juga yang memiliki fitur pengaturan cahaya lampu hingga detail seperti 20%, 50%, 75%, dan 100%.

Bila Anda dapat mengatur kecerahan dengan benar, Anda dapat menghemat energi. Misalnya, ketika makan lampu diterangkan, sedangkan ketika ingin bersantai sedikit diredupkan. Anda dapat mengatur kecerahan menyesuaikan dengan kegiatan.

Tipe lampu dengan pengatur cahaya ada yang dilengkapi dengan remote control atau sakelar tarik dengan tali. Jenis remote control lebih praktis bagi Anda yang memiliki anak dan susah menjangkau kabelnya. Untuk Anda yang menginginkan suasana lebih retro, gunakan jenis sakelar tarik.

Gunakan lampu kipas untuk mengefektifkan pendingin ruangan
Lampu dengan kipas angin mampu menghemat penggunaan pendingin ruangan. Tidak hanya berkesan klasik, lampu ini juga membuat udara dari pendingin udara dapat tersebar secara merata. Lampu ini direkomendasikan khusus bagi Anda yang merasa efisiensi pendingin udara kurang baik atau mempunyai langit-langit ruang tamu tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *