Kiat-Kiat Memilih Furniture Kantor Untuk Aktivitas Work From Home

Berita Terbaru Furniture Work from home merupakan sebuah tren dalam dunia kerja yang kini telah menjadi kebijakan penting dalam mendukung pencegahan penularan virus covid 19.

Sebagaimana diketahui, dunia kini telah mengalami bencana wabah corona yang membutuhkan atensi ketat supaya tidak semakin banyak memakan korban. Salah satunya adalah dengan memusatkan aktivitas harian di rumah seperti kegiatan belajar dan bekerja.

Work from home atau bekerja remote bukanlah hal baru. Hal ini sudah sejak dulu ada seiring mudahnya komunikasi dan terkoneksi berkat kemajuan teknologi internet.

Cara kerja ini menjadi alternatif baik bagi pekerja tunggal ataupun bagi perusahaan yang memperkerjakan karyawan. Namun tentunya tidak semua pekerjaan bisa dilakukan di rumah. Juga tidak semua orang cocok bekerja di rumah karena berbagai alasan.

Perbedaan suasana tentunya menjadi hal yang paling terasa manakala tiba-tiba harus bekerja di rumah, dimana biasanya melakukan tugas di kantor. Di kantor pastinya fasilitas sudah amat lengkap, dari komputer, internet, ruang kerja, alat tulis, sampai furniture seperti meja dan kursi beserta lemari.

Pada akhirnya kondisi yang jauh berbeda inilah membuat kerja menjadi tidak kondusif. Alih-alih produktif malah terganggu karena ketidaknyamanan kerja dengan furniture seadanya.

Jangan tunda lagi, sebab semakin anda menunda akan semakin bertumpuk tugas yang harus dikerjakan. Mulailah buka google anda dan temukan furniture kantor terbaik yang sesuai dengan kondisi ruang kerja di rumah. Dan pastikan anda baca dulu tips memilih furniture kantor untuk kerja dari rumah yaitu :

 

Kiat-Kiat Memilih Furniture Kantor Untuk Aktivitas Work From Home

 

 

Kenali jenis pekerjaan dan kebutuhannya
Yang pertama harus dilakukan adalah mengenal apa pekerjaan anda dan kebutuhan apa yang biasa digunakan untuk menunjangnya.

Misalkan pekerjaan anda adalah seorang akuntan yang membutuhkan komputer untuk melakukan tugas. Namun karena yang tersedia adalah unit PC, maka diperlukan meja komputer. Meja kantor khusus ini sudah dilengkapi laci keyboard dan beberapa kompartemen untuk meletakkan power supply atau printer, dll. Lain hal jika anda difasilitasi laptop. Maka cukup anda beli meja staff biasa.

Cermati luas ruang kerja anda di rumah
Ingi penting, terutama anda yang punya ruang terbatas untuk disisihkan untuk dijadikan spot untuk bekerja. Jangan sampai keberadaan furniture kantor nantinya membuat isi rumah semakin sesak.

Furniture minimalis adalah pilihan tepat apabila di rumah anda sudah terlalu banyak mebel lainnya. Dan bila work from home ini bersifat sementara, ada baiknya anda beli furniture praktis seperti kursi lipat, meja lipat atau furniture yang bisa dibongkar pasang dengan mudah.

Oh iya, perhatikan juga lebar pintu agar anda bisa memilih furniture yang dimensinya tidak lebih besar dari pintu. Atau bila tidak mau ambil pusing, pilih fuurniture yang knock down / bisa dirakit sendiri.

Pahami dimensi dan spesifikasi furniture
Boleh saja anda tertarik dengan desainnya. Tapi jangan dulu-dulu klik beli, cermati dulu spesifikasinya. Cek dimensinya apakah sudah sesuai luas ruang kerja yang dibahas di point sebelumnya.

Pertimbangkan juga kelengkapannya. Jangan sampai anda menyesal setelah memesan dan akhirnya tidak digunakan sebagaimana yang diharapkan.

Pelajari juga material yang digunakan agar tahu bagaimana merawatnya. Sekedar tambahan, kebanyakan furniture retail terbuat dari skayu olahan jenis particle board. Jadi perlu diingat bahwa tidak selalu furniture yang terbuat kayu adalah dibuat dengan kayu solid.

Pastikan budget mencukupi untuk membeli
Oke anda suka yang ini, ukuran sudah cocok, tapi ada lagi nih hal yang penting. Ya tentu saja anggaran. Pastikan anda sudah menyiapkan anggaran untuk belanja furniture kantor ini untuk menunjang kerja dari rumah.

Perlu anda tau bahwa kadang tidak cukup hanya kita tau harga di katalog. Perhatikan juga segala keterangannya. Apakah itu harga diskon, harga yang belum dipotong PPN, sudah termasuk ongkir apa belum.

Ada baiknya anda benar-benar menanyakan dengan detail terlebih dahulu pada penjual seperti yang akan dibahas pada point di bawah ini.

Konsultasikan dengan sales supaya sesuai kebutuhan
Punya budget pas-pasan, mau pilih furniture khawatir tidak cocok dengan ruangannya, belum lagi pilihan tipe bikin bingung karena saking banyaknya. Konsultasikan saja daripada anda memaksakan apa yang tidak anda tau.

Dengan berkonsultasi, anda akan diberikan pilihan yang sesuai dengan budget dan tetap sesuai dengan kebutuhan kerja anda.

Selain itu anda juga bisa memastikan ada harga apa saja yang harus dibayar, apakah ini dipasang sendiri atau sudah dipasangkan, appakah bisa diretur jika tidak sesuai atau bagaimana. Mekanisme semcam itu juga harus anda konsultasikan.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *