Kiat-Kiat Terbaik Memilih Karpet Yang Cocok Untuk Ruang Makan

Berita Terbaru Furniture Item yang satu ini bisa menjadi solusi mudah untuk memberikan mood atau tampilan baru pada sebuah ruangan, termasuk ruang makan. Apalagi ruang makan selalu menjadi ruang utama di rumah tempat seluruh keluarga berkumpul. Walaupun tergolong jarang diterapkan, penggunaan karpet di ruang makan dapat membuat interior terlihat lebih menarik sekaligus terkesan seperti baru. Sebelum mulai memasang karpet ruang makan, ada beberapa aturan yang harus Anda perhatikan agar tidak salah memilih. Apa saja?

Dirangkum Hostcoremedia dari berbagai sumber, berikut ulasannya :

 

Kiat-Kiat Terbaik Memilih Karpet Yang Cocok Untuk Ruang Makan

 

 

1. Perhatikan Ukuran Karpet
Untuk ruang makan, karpet tentunya akan diletakkan di bagian bawah set meja makan. Untuk itu, Anda wajib memastikan memilih karpet yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan ukuran meja. Bahkan, usahakan untuk memilih lebar karpet yang melebihi kursi yang ada pada meja makan. Apabila ukuran karpet lebih kecil, dikhawatirkan ini dapat mengganggu Anda saat menarik atau mendorong kursi. Karpet yang berukuran lebih kecil dari meja makan juga akan cepat rusak karena sering terlipat oleh kaki kursi. Maka dari itu, sebelum membeli sebaiknya Anda ukur luas meja makan dan kursi sehingga Anda dapat memilih ukuran karpet yang paling sesuai untuk ruang makan.

2. Sesuaikan dengan Tema Ruangan
Dalam memilih karpet, tak bisa hanya mempertimbangkan keinginan dan selera Anda saja. Anda juga harus menyesuaikan corak dan warna karpet dengan tema ruangan. Anda harus memilih karpet yang bisa menyatu dengan interior seluruh ruangan. Jangan memilih karpet yang jauh berbeda dengan tema ruang makan karena akan membuat tampilannya terlihat tidak serasi. Anda tidak mau kan merasa menyesal telah membeli karpet mahal tapi tidak sesuai dengan tema ruangan?

3. Cocokkan dengan Bentuk Meja
Selain menyesuaikan karpet dengan tema ruangan, Anda juga perlu menyesuaikan bentuk karpet dengan meja makan. Apabila meja berbentuk oval, maka sebaiknya pilihlah karpet berbentuk oval. Sementara jika meja makan berbentuk persegi panjang, maka Anda bisa memilih karpet yang berbentuk persegi panjang juga. Bentuk yang sesuai atau matching antara satu dan lainnya akan mendukung keserasian dekorasi pada ruang makan.

4. Pilih yang Berbulu Rata
Ada berbagai macam model bulu karpet, ada yang tebal, besar, pendek, atau kecil. Nah di ruang makan, kursi pasti sangat sering digeser sehingga akan terus bersinggungan dengan karpet. Memilih karpet dengan bulu yang besar dan tebal akan membuatnya cenderung cepat rusak. Sebaiknya, pilihlah karpet yang lebih datar dan tipis atau karpet yang berbulu kecil dan pendek. Hal ini guna mengurangi risiko karpet cepat rusak karena sering bersinggungan dengan kursi.

5. Gunakan yang Bercorak Gelap
Sebagian besar kegiatan seluruh keluarga biasanya terjadi di meja makan. Meja makan tak hanya dijadikan sebagai tempat makan tetapi juga area bekerja, mengobrol, belajar, dan sebagainya. Semakin banyak kegiatan yang dilakukan di sebuah ruangan, maka ruangan tersebut akan semakin rentan kotor. Saat Anda makan, Anda juga akan mudah menjatuhkan makanan atau minuman ke atas karpet. Dengan menggunakan corak yang gelap, maka noda tidak akan terlalu terlihat dan akan tersamarkan. Anda pun tidak perlu terlalu sering mencuci karpet dengan motif gelap. Sebaliknya, sesering apa pun Anda mencuci karpet bercorak terang, tetap saja akan terlihat kusam dan memiliki bekas noda.

6. Pastikan Karpet Mudah Dibersihkan
Karpet termasuk salah satu dekorasi di dalam rumah yang sulit untuk dibersihkan. Padahal, ruang makan termasuk area yang paling mudah kotor. Untuk mengatasi masalah ini, pilihlah karpet uang mudah untuk dibersihkan. Sebelum membeli, cari tahu terlebih dahulu jenis karpet atau bahan karpet apa yang mudah dibersihkan dengan bertanya kepada penjual.

7. Selaraskan dengan Furniture Ruang Makan
Karpet sebaiknya menjadi unsur dalam ruangan yang melengkapi seluruh bentuk atau gaya dalam interior rumah. Maka dari itu, Anda harus menyesuaikan warna dan corak karpet dengan furniture lain yang ada di ruang makan. Apabila ruang makan tergabung dengan ruang lainnya di dalam rumah, Anda juga perlu memperhatikan dekorasi yang sudah ada pada ruangan lainnya. Sesuaikan juga motif dan warna karpet ruang makan dengan karpet yang ada pada ruangan lainnya.

Demikianlah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat ingin membeli karpet untuk ruang makan. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *