Asal Mula Furniture

Berita Terbaru Furniture Untuk menciptakan rumah yang nyaman, biasanya akan didukung oleh furniture yang kita beli. Namun apa kamu tahu sejarah dari furniture ini? Sebagaimana yang diketahui, mebel atau furiture merupakan perlengkapan atau barang seperti kursi, meja, lemari dan sebagainya. Sedangkan arti kata MEBEL berasala dari kata MOVABLE, yang artinya bergerak. Zaman dahulu kala meja kursi dan lemari relatif mudah digerakkan dari batu besar, tembok, dan atap. Sedangkan arti kata FURNITURE berasal dari bahasa Perancis FOURNITURE (1520-1530 Masehi). FOURNITURE mengandung arti kata FOURNIR yang berarti Furnish atau Perabot (alat-alat) rumah atau ruangan. Meskipun Mebel dan Furniture punya arti yang berbeda, tetapi maksud dan tujuannya sama yaitu meja, kursi, lemari dan lain sebagainya.

Arti yang lebih luas Mebel atau Furniture adalah semua benda disekitar kita baik yang di rumah atau lainnya dan digunakan oleh penghuninya untuk duduk, berbaring, maupun menyimpan benda kecil seperti pakaian dan cangkir. Mebel berbahan dasar kayu, papan, kulit, sekrup dll. Berikut beberapan ulasan tentang sejarah asal mula furniture di beberapa wilayah :

 

Asal Mula Furniture

 

 

Sejarah mebel di wilayah Barat
Sejarah Mebel bisa kita lihat dari Artefak atau barang peninggalan prasejarah yang dapat kita lihat dari gambar-gambar peninggalan kuno. Bila dirunutkan menurut zamannya sejarah Mebel dimulai pada zaman Neolitikum, klasik, Eropa modern awal, Neoklasik abad 19, Amerika utara awal, Modern, Zaman Hijau, Kontemporer.

 

Sejarah mebel di wilayah Asia
Mebel di Asia agak berbeda dengan mebel Barat. Mebel Asia mengembangkan gayanya tersendiri, walaupun kadang dipengaruhi oleh Barat karena interaksi warga Asia dengan warga Barat melalui kolonialisme, pendidikan dan informasi. Mebel Asia dengan gayanya sendiri, lahir dari Indonesia (terutama Jepara, Bali), China, Jepang, Pakistan, India, Burma, Korea, Monggolia.

Indonesia mempunyai gaya mebel yang unik dengan aneka ragam hias ukir yang beragam. Ornamen yang beraneka. Pusat mebel ukir di Indonesia adalah Jepara. Pada tahun 2004, Kabupaten Jepara memiliki 3.539 unit produksi usaha mebel yang terdaftar di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Penanaman Modal. Usaha skala kecil yang belum terdaftar diperkirakan 15.000 unit usaha. Keseluruhannya menyerap kira-kira 85.000 tenaga kerja.

 

Fungsi Furniture
Fungsi Furniture akan sangat terasa jika ditempat dimana kita berada misalnya rumah, tidak terdapat barang-barang tersebut. Untuk duduk kita membutuhkan kursi, jika tidak ada kita terpaksa duduk berselonjor (lesehan). Ingin tidur tidak ada Tempat tidur, terpaksa hanya tergelatak dilantai, Tanpa meja kita hanya dapat membuka Laptop di lantai, Tanpa lemari pakaian tergeletak dilantai bahkan digantungkan di sembarang tempat. Untuk itu dengan fungsi dan kegunaan Mebel dapat membantu kehidupan kita, rumah jadi terasa nyaman untuk beristirahat, bekerja, beraktifitas dan lain-lain. Rumah jadi terlihat lebih rapi dan tertata.

 

Semoga artikel ini menambah wawasanmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *