Inilah Cara Terbaik Dalam Memilih Furniture Kayu Jati Yang Bagus

Berita Terbaru Furniture Diketahui jika furniture yang terbuat dari kayu jati memang masih menjadi primadona bagi banyak kalangan. Material yang kuat, awet, dan berestetika merupakan karakter khas kayu jati yang menjadikannya lebih unggul dibanding jenis kayu lainnya.

Saking kuat dan berestetikanya, jenis kayu ini bahkan menjadi komoditas eksport sejak masa penjajahan. Tapi itu hanya berlaku untuk kayu jati yang berkualitas. Dan untuk mendapatkan yang benar-benar berkualitas tidaklah mudah. Apalagi kalau kamu baru pertama kali mencari furniture kayu jati. Kamu pasti kebingungan.Agar itu tidak terjadi, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memilih kayu jati berkualitas. Berikut beberapa diantaranya :

 

Inilah Cara Terbaik Dalam Memilih Furniture Kayu Jati Yang Bagus

 

1. Hanya Pilih Furniture dari Kayu Jati yang Sudah Tua
Untuk mendapatkan yang berkualitas, pastikan kamu memilih furniture berbahan kayu jati yang sudah tua. Sebab semakin tua usia kayu jati, akan semakin kokoh pula konstruksi kayunya. Selain itu, semakin terlihat pula serat kayu yang bakal menampilkan kesan yang semakin estetik.

Kayu jati tua memiliki ciri khusus. Ciri tersebut antara lain: tekstur kayu yang lebih padat dan rapat, bobot kayu yang lebih berat, kayu lebih keras, serta memiliki warna coklat kemerahan yang merata. Kalau kamu mesara kesulitan dalam mengenali kayu jati tua, sebaiknya kamu membeli kayu jati perhutani di tempat pelelangan kayu (TPK).

Beda dengan kayu jati muda. Selain kayu yang terlihat rapuh, estetika yang ditampilkanpun masih kurang. Bahkan kayu cenderung berwarna pucat dan tidak tegas.

 

2. Perhatikan Konstruksi Furniture
Seringkali kasus kerusakan furniture kayu jati terjadi bukan karna hama atau umur mebel yang sudah terlalu tua, namun karena terdapat kesalahan pada konstruksinya. Untuk itu sangat penting memperhatikan konstruksi furniture yang akan kamu beli.

Untuk mengecek apakah kontruksi furniture yang akan kamu beli baik atau tidak cukup mudah, kamu bisa lakukan dengan mencoba memakai furniture tersebut. Pastikan terasa nyaman dan kokoh. Perhatikan pula tingkat simetrinya, apakah memiliki tingkat simetri yang baik atau tidak.

Perhatikan pula bagian sambungannya. Pastikan setiap sambungan rapat, jangan ada kerenggangan. Sebab kerenggangan pada sambungan kayu akan menyebabkan furniture jati tidak akan berumur panjang.

 

3. Pilih Furniture yang Memiliki Bentuk Simetris
Seperti sudah disinggung sebelumnya, bentuk simetris yang dimiliki kayu bisa dijadikan sebagai tolak ukur dalam menilai kualitas furniture kayu jati. Umumnya, semakin simetris bentuk dan ukuran sebuah furniture berbahan kayu jati, maka harganya akan semakin mahal pula.

Furniture yang memiliki bentuk simetris sempurna merupakan primadona. Sebab memiliki nilai keindahan yang merata pada seluruh bagian sudutnya. Oleh sebab itu, pastikan kamu membeli furniture kayu yang simetris.

 

4. Jangan Memilih Furniture Kayu yang Berlubang
Perhatikan dengan seksama berbagai sisi furniture kayu jati yang kamu incar, apakah terdapat lubang-lubang kecil di permukaannya?

Mebel kayu jati lawas seringkali memiliki lubang-lubang kecil pada permukaannya. Keberadaan lubang-lubang tersebut perlu dihindari, sebab menunjukkan bahwa mebel tersebut telah terkena serangan hama.

Lubang-lubang kecil tersebut merupakan lubang yang dibuat serangga-serangga kecil sebagai rumahnya. Lubang-lubang tersebut menembus jauh kedalam kayu, dan saling terhubung satu sama lainnya.

Oleh sebab itu, meskipun terlihat kokoh dari luar, furniture tersebut sudah keropos dibagian dalamnya. Furniture yang memiliki lubang-lubang semacam itu rapuh dan tidak akan bertahan lama.

Perlu kamu ketahui pula, umumnya furniture kayu jati yang berlubang biasanya dibuat dari kayu jati bermumur muda. Sebab kayu jati berumur tua hampir dipastikan tidak akan dimakan hama kayu.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *