Macam-Macam Jenis Lantai Yang Memanjakan Mata Untuk Rumahmu

Berita Terbaru Furniture Pada rumah idaman, terkadang lantai menjadi salah satu poin yang jarang diperhatikan. Padahal, memilih jenis lantai cantik dan pas bisa berpengaruh besar terhadap karakter dan kenyamanan hunian.

Selain dari material dan tekstur, motif lantai juga perlu diperhatikan, baik dalam dekorasi rumah maupun gedung.

Setiap jenis desain lantai pun pasti memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Pastinya semua orang ingin memiliki rumah dengan desain lantai unik, cantik, dan awet, bukan?
Nah, bagi kamu yang bingung mau memilih yang mana, berikut Hostcoremedia rangkum dari berbagai sumber beberapa jenis lantai unik yang bisa kamu simak. Apa saja ? Berikut ulasannya :

 

Macam-Macam Jenis Lantai Yang Memanjakan Mata Untuk Rumahmu

 

1. Jenis lantai marmer
Jenis desain lantai yang pertama ini cenderung lebih mahal dari yang lainnya. Marmer juga dikenal sebagai material batu alamnyanya yang sangat kuat, tahan berat, bahkan api.

Motif dan warnanya yang beragam membuat interior rumah tampak manis. Namun, jangan pasang di outdoor, ya! Marmer yang sering terpapar matahari warnanya bisa mudah memudar dan berjamur.

 

2. Jenis lantai keramik bergaya geometrik
Nah, kalau jenis desain lantai unik yang satu ini pasti sering kamu temukan. Nggak hanya mudah dicari, lantai keramik juga memilik banyak motif yang menarik.

Lantai keramik biasanya jadi andalan untuk kamar mandi karena tak menyerap air. Pilihlah lantai keramik yang bertekstur agak kasar agar tak licin.

Namun, sebaiknya hindarilah menggunakan lantai keramik pada kamar tidur. Pasalnya, ruang kamar sering mengalami perubahan suhu atau nggak stabil sehingga keramik mudah pecah.

 

3. Jenis lantai parket
Pada dasarnya, jenis desain lantai unik satu bermaterial asli kayu. Namun, lantai parket bisa dikatakan merupakan versi ‘upgrade’-nya, sehingga lebih halus, menawan, motif dan warnanya pun beragam.

Lantai parket pastinya akan membuat ruang keluarga di rumah tampak homey dan warm. Namun, layaknya kayu, lantai parket tak begitu kuat menahan api ataupun air.

 

4. Jenis lantai granit
Ingin menghadirkan nuansa glamor di rumah? Jenis desain lantai granit bisa jadi pilihan tepat! Permukaannya yang mengilap membuat lantai granit tampak mewah dibanding jenis lainnya.

Biasanya lantai granit memiliki warna yang soft dan motif nan anggun. Lantai granit juga tak mudah rusak dan tergores kerena tekstur yang lebih padat dan keras.

 

5. Jenis lantai bata
Bagi yang suka desain rumah bertema rustik, jenis lantai bata atau tanah liat pasti akan membuatmu tertarik. Desain lantai bata pun cocok diaplikasikan di berbagai ruangan, dari dapur, kamar mandi, hingga teras rumah.

Warnanya yang kebumian benar-benar menghadirkan kesan alami dan adem. Apalagi jika dipadukan dengan interior rustik lainnya. Selain itu, jenis lantai ini lebih mudah dibersihkan, lho!

 

6. Jenis lantai semen
Kini lantai dengan finisihing semen kian populer karena nuansa modern industrial yang dihadirkannya. Selain tampak elegan, jenis desain lantai semen sudah pasti lebih ekonomis.

Agar tampak sempurna, pastikanlah permukaaan finishing benar-benar rata dan tak bergelombang. Selain itu, gunakanlah campuran material semen yang sama sehingga warnanya sempurna dan tak mudah retak.

 

7. Jenis lantai karpet
Kenyamanan jenis desain lantai yang satu ini sudah pasti nggak diragukan lagi. Apalagi jika kamu memilih material karpet yang lembut di seluruh ruang, bikin pewe banget, deh!

Tak hanya membuat nyaman, lantai karpet juga memberikan kesan homey pada hunian. Sangat cocok dipasang di kamar atau ruang keluarga.

Namun, lantai karpet butuh perhatian ekstra, nih, dalam merawatnya. Pastikanlah kamu membersihkannya dengan rutin jika tak ingin karpet menjadi sarang debu dan kuman.

 

8. Jenis lantai beton
Ingin menciptakan kesan yang tegas dan maskulin? Pilih saja jenis lantai beton ini! Biasanya, lantai beton menjadi andalan dalam desain rumah kontemporer.

Kamu juga bisa memilih finishing glossy atau matte sesuai keinginan. Bagusnya lagi, selain materialnya yang kokoh, perawatan lantai beton juga antiribet!

 

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *